Murid SMA Ciptakan Rumus Matematika Kematian Michael Jackson

BOGOR–Misteri meninggal dunianya Raja Pop Dunia, Michael Jackson menarik rasa ingin tahu seorang siswa SMA Negeri1 Bogor, Jawa Barat, Oki Novendra (17 tahun). Oki berhasil menjelaskan kematian sang raja pop dunia, Michael Jackson’ melalui rumus Matematika.

Didorong rasa penasaran terhadap kematian idolanya, dan kegemarannya pada mata pelajaran Matematika, Oki pun mencoba mengutak-atik rumus. “Saya ingin tahu dengan misteri kematian Michael Jackson. Selain sebagai fans, saya juga pernah berbicara dengan salah seorang dosen Universitas Indonesia (UI) pada Januari 2010,” kata Oki, Selasa (20/4) lalu.

Oki kemudian mendapat literatur dan tambahan pengetahuan tentang pengendapan obat dalam darah. Selanjutnya, ia mencoba mengembangkan dan mengaitkannya dengan kematian Michael Jackson.

Siswa kelas X .6 –setara dengan kelas 1 SMA– ini mengatakan, ia meneliti misteri wafatnya Michael Jackson dengan memakai rumus turunan diferensial. “Saya mencoba meneliti dengan rumus turunan diferensial. Yakni dy/dx = -ky. Artinya suatu y berbanding dengan x akan menghasilkan ky. Y itu merujuk pada obat sedangkan x pada waktu,” kata Oki .

Kematian Jacko erat kaitannya dengan dosis obat yang sering dikonsumsinya. Berdasarkan rumus turunan diferensial ini, menurut Oki, apabila komposisi obat tetap dan waktunya sama seperti yang dianjurkan oleh dokter, maka konsentrasi obat tidak akan naik dan efek pengendapan darah dalam tubuh tidak tinggi.

“Michael Jackson  mengonsumsi obat agar ia tampil prima di depan publik saat di atas panggung. Obat yang dikonsumsinya menimbulkan efek samping karena jumlah yang dikonsumsi dan frekuensi konsumsi obat berlebihan. Itu sudah melewati batas aman, dan terjadi pengendapan obat dalam darah. Selain itu juga mengganggu kinerja syaraf,” kata Oki menjelaskan.

Penelitian terhadap misteri kematian Michael Jackson ini, membawa Oki meraih medali emas dalam Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tingkat Dunia Ke-17 di Grand Bali Beach, Sanur, Bali, 13 April lalu. Ia berhasil menyisihkan 100 peserta dari 13 negara. Ia mendapatkan juara pertama dalam Penelitian Bidang Matematika.

Sumber : Republika, Kamis 22 April 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: